Aww sakit!! Pertama kali Donor Darah

Smadapedia.com | Selasa (7/8) telah terlaksana kegiatan donor darah di UKS SMA 2 Kudus. Kegiatan yang dilaksanakan rutin setiap 3 bulan sekali ini telah mengumpulkan 42 kantong darah dari siswa siswi yang rata rata kelas XII.



"Kegiatan ini dilaksanakan keliling ke sekolah sekolah. Tujuannya untuk ikut membantu PMI dalam penyediaan stok darah agar dapat membantu yang membutuhkan" ujar salah satu tim PMI yang datang ke SMA 2 Kudus
Mengapa rata rata kelas XII sebagai pendonor? Hal itu terikat persyaratan yang telah ditetapkan. "Beberapa persyaratannya antara lain harus berumur 17 tahun dan tidak boleh kurang, tidak setelah meminum obat, tidak memiliki riwayat penyakit tertentu, dan untuk perempuan tidak sedang mengalami menstruasi"
Untuk pengumpulan kantong darah ini, SMA 2 Kudus menempati peringkat kedua dalam lingkup Kabuaten Kudus. "Peringkat pertama masih dipegang oleh SMA 1 Kudus yang bisa mengumpulkan darah hingga 60 kantong pada setiap kunjungan. Sedangkan darah seperti ini dapat tahan selama 35 hari dalam suhu 15°C. Darah yang telah dikumpulkan tidak langsung diberikan. Namun harus melalui serangkaian proses tertentu, seperti pemeriksaan darah tersebut apakah mengandung prnyakit atau tidak." sambungnya.
Kami juga sempat bertanya pada salah seorang pendonor yang baru pertama kali berpartisipasi dalam kegiatan donor darah. "Awalnya takut karena saya sangat jarang disuntik. Maka yang saya bayangkan pertama kali adalah rasa sakit yang tak tertahankan. Tapi ternyata rasa sakitnya tidak seberapa. Hanya terasa agak panas dan seperti digigit semut. Karena saya baru pertama melakukan donor darah, jadi saya merasa agak pusing." ujar Verma, salah satu siswa yang baru pertama kali mendonorkan darahnya.
"Untuk kedepannya saya berharap akan ada lebih banyak lagi teman teman yang mau mendonorkan darahnya. Sudah gratis, sehabis donor dapat bingkisan lagi. Jadi ayo teman teman ikut donor darah!" pesan menggebu disampaikan oleh Haris, selaku ketua kegiatan donor darah kali ini.
Demikian acara donor darah kali ini. Semoga kedepannya akan lebih banyak lagi siswa siswi yang ikut berpartisipasi untuk mendonorkan darahnya untuk membantu mereka yang membutuhkan..©Jurnalistik SMAN 2 KUDUS

Share this

Related Posts

Selanjutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »