Forum Diskusi di SMA 2 Kudus

Smadapedia.com | Jumat, 12 Januari 2018, diadakan Forum Diskusi perihal Pengelolaan Sampah di Jepang yang bertempat di aula SMA N 2 Kudus. Kegiatan ini dimulai pada pukul 13.30 WIB hingga pukul 15.30 WIB. Kegiatan ini bertujuan agar siswa siswi di SMA N 2 Kudus tidak  hanya terfokus pada pelajaran sekolah yang saat ini bersistem fullday, melainkan juga memiliki asupan ilmu yang tidak hanya bersifat akademik dengan kegiatan outdoor learning, contohnya forum diskusi ini.


Dengan pemateri Fadila Norasarin Eritha , siswa siswi dengan khidmat mengikuti acara ini. Rencananya, forum diskusi seperti ini akan diadakan sebulan sekali dengan materi yang berbeda dan dengan siswa siswi yang berbeda pula. Maka kegiatan forum diskusi ini akan merata pada seluruh siswa. Pemateri yang pernah mengenyam pendidikan di Universitas Brawijaya dan Universitas Miyazaki ini menyampaikan hal-hal antara lain alasan mengapa keadaan di Jepang sangat bersih, dasar kebersihan di Jepang, hingga sistem pengolahan sampah di Jepang.

Di Jepang, sudah menjadi kebiasaan untuk membuang sampah pada tempatnya. Bahkan, di sana ada 10 tempat sampah berbeda. Selain itu, juga faktor sejarah; seperti adanya bom atom di Jepang waktu itu; faktor religi, misal jika menghadap dewa harus bersih; faktor edukasi dan sejarah.

Keadaan sampah di Jepang juga pernah berkondisi sama seperti di Indonesia. Seperti, sampah banyak berserakan di beberapa tempat di Indonesia. Sistem pengolahan sampah di Jepang antara lain Burnable, Unburable, Can, dan Plastics. Bahkan, untuk membuang sampah di Jepang juga ada waktunya tersendiri.

Acara ini tidak hanya dihadiri oleh siswa dan guru dari SMA N 2 Kudus, melainkan juga ada perwakilan dari Organisasi Kresek Kudus yang turut hadir dalam acara ini. ©Jurnalistik SMAN 2 KUDUS

Share this

Related Posts

Paling Akhir
Sebelumnya
Next Post »