Tips Cara Belajar Jitu

Smadapedia.com | Di era modern ini, tentunya semua dapat diakses melalui ponsel pintar(smartphone). Bukan hanya soal pelajaran, tapi juga eksis di sosial media. Nah, bagi para pelajar, apalagi yang akan menghadapi ujian, pasti bingung bagaimana cara belajar agar materi yang dipelajari cepat masuk ke otak. Apalagi kalau mapel yang dipelajari adalah mapel yang tidak disukai. Wah pasti rumit sekali, sudah mapel nya tidak disukai, guru nya killer, ditambah godaan untuk mengecek smartphone setiap saat. Maka dari itu, langsung saja baca pemaparan Tips cara belajar jitu berikut ini.

Langkah pertama, sukai gurunya.
Langkah ini adalah langkah yang paling penting. Sebab, jika kita sudah menyukai guru maupun metode guru tersebut mengajar, maka akan dengan semangat kita akan mempelajari materi yang diajarkan. Untuk yang belum suka sama gurunya, bisa lebih enjoy untuk menikmati pelajaran dan sikap guru yang mengajar ya.

Langkah kedua, hayati setiap mapel yang diajarkan dan kurangi menghafal.
Rasakan dirimu menyatu dengan materi yang diajarkan oleh guru tersebut, baik disuka maupun tidak. Namun yang jelas, ikuti saja alur pelajarannya. Nah kalau untuk kurangi menghafal, padahal materinya sejarah, waduh kacau banget kan. Untuk hal ini bisa diantisipasi dengan mengambil intisari dari materi, untuk urusan kalimat belakangan. Yang penting kalau intisarinya/pokok nya udah ketemu, baru bisa lanjut. Nah kalau matematika gimana? Rumus nya gimana? Kalau belum hafal kan belum bisa mengerjakan? Hal ini bisa diantisipasi dengan menuliskan rumus setiap kali akan mengerjakan soal. Jadi setiap akan mengerjakan, maka tulis dulu rumusnya. Kalau dalam sehari bisa mengerjakan 10 soal, bearti dalam satu hari dapat menulis rumus sebanyak 10 kali kan? Pasti udah hafal di luar kepala kalau gini caranya.

Langkah ketiga, jangan jadikan belajar sebagai beban.
Untuk waktu belajar, juga perlu diperhatikan. Jangan belajar kalau sudah mendekati ulangan saja. Pasti hal itu sangat memberatkan. Jadi ada baiknya dalam sehari setidaknya belajar satu mapel yang sudah diajarkan. Dengan demikian, maka belajar tidak akan menjadi beban.

Langkah keempat, sebelum belajar bacalah niat.
Hal ini sangat penting tentunya, karna tanpa disadari, membaca niat akan lebih membuat kita lebih fokus dalam belajar.

Langkah kelima, jauhkan handphone.
Untuk yang satu ini, pasti sangat sulit untuk dilakukan. Untuk mengantisipasinya, dapat dilakukan dengan menggunakan handphone untuk belajar, seperti bertukar soal latihan di whatsapp atau mungkin mencari materi yang dibutuhkan. Dengan cara ini kalian dapat sesekali melirik notifikasi yang masuk.

Nah itulah Tips Cara Belajar Jitu. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Jika kamu bersungguh-sungguh, niscaya Tuhan akan mengabulkan apa yang kau inginkan. ©Jurnalistik SMAN 2 KUDUS

Share this

Related Posts

Selanjutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »