SEMAR si Kecil Bermanfaat



Smadapedia.com | Lomba Indonesia Science Festival pada tanggal 30 Oktober-30 November 2017. INDONESIA SCIENCE FESTIVAL adalah lomba riset tingkat nasional berbasis internet dengan peserta siswa/siswi Indonesia SMP/SMA atau sederajat. Peserta lomba terdiri dari dua siswa per tim. Riset dibagi menjadi berbagai kategori. Salah satu diantaranya yaitu LIFE SCIENCE yang diikuti oleh Landra Fikri Dzaky(XII A5) dan Ilham Fajar Sidqi(XII A4) yang mendapat sertifikat perak dalam ajang ini dengan karyanya "SEMAR" yang merupakan singkatan dari SEnsor MAca Range yaitu sebuah alat yang ditujukan untuk para pembaca agar mencegah terjadinya mata miopi.

Latar belakang pembuatan alat ini adalah untuk menanggapi opini atas banyaknya masyarakat yang menganggap orang yang Kutu Buku kebanyakan akan mengalami miopi. Tim Smadapedia.com baru saja mewawancarai salah satu pencipta Alat tersebut, simak tanggapannya dibawah ini 

"Perjuangan kami dalam ajang ISF dimulai sejak kami iseng melihat berbagai ajang inovasi di media sosial dan kami menemukan ISF. Disaat bersamaan, kami berpikir untuk membuat alat yang dapat mencegah para pembaca mengalami miopi. Karena kami sering mendengar dari beberapa orang bahwa kutu buku identik dengan kacamata. Akhirnya kami terpikir untuk membuat sensor baca. Saat itu, kami hanya mempunyai waktu kurang dari dua minggu. Mulai H-10 kami mencoba intens dengan mengambil Dispen. Kami meninggalkan sementara semua kegiatan untuk fokus ke ajang ini. Kami meninggalkan pelajaran dikelas dan bahkan kami tidak sempat bercanda tawa dengan teman-teman kami seperti biasa yang kami lakukan. Sebelum mengikuti ajang ini, tak terhitung berapa kali kami melakukan percobaan yang selalu berakhir gagal. Hingga kami dipusingkan dengan komponen mesin yang diganti lebih dari 2 kali lalu casing yang melakukan pergantian lebih dari 5 kali sampai penggunaan nama yang tepat yang dapat menarik rasa penasaran konsumen. Dalam 10 hari itu perdebatan dan tekanan tinggi menjadi makan kami sehari-hari. Namun kami sadar bahwa disini bukanlah ego kami yang diunggulkan namun potensi kamilah yang harus digali lebih dalam. Dan hasilnya, Alhamdulillah kami mendapatkan hasil yang cukup memuaskan. Disini kami baru percaya bahwa Usaha Takkan Mengkhianati Hasil. Harapan kami, alat ini benar-benar dapat diproduksi secara massal agar para calon Kutu buku ketika terlalu sering membaca tidak mengalami miopi sehingga dapat meningkatkan minat baca teman yang ada disekitarnya. Memang butuh penelitian dan pengembangan lebih lanjut, tapi kami yakin bahwa sesuatu yang didasari atas rasa kemanusiaan akan berakhir sesuai dengan harapan. Amin..."
Simak juga Videonya dengan mengklik LINK dibawah ini !!!
https://www.youtube.com/watch?v=XOVrwe05o-Q

Itulah SEMAR yang disampaikan dari Tim Smadapedia.com, Semoga Bermanfaat^

^^OKE SALAM SMADA^

Share this

Related Posts

Selanjutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »