Napak Tilas Pasgatama 2K17

Napak Tilas Pasgatama 2K17
Smadapedia - Tanggal 14 - 15 Januari 2017, PBN SMA Negeri 2 Kudus mengadakan kegiatan tahunan mereka yaitu Napak Tilas. Apa itu Napak Tilas? Napak Tilas berasal dari Bahasa Jawa yaitu Napak berarti Bekas Kaki dan Tilas Bekas dari Seseorang. Jadi Napak Tilas adalah menapaki / menyusuri kembali jalan yang pernah ditempuh seseorang. Dan Pasgatama melakukan napak tilas untuk mengflashback para pejuang Gerilyawan jaman Kemerdekaan yang asalnya berpusat di Kodim Kudus pindah ke Colo, lebih tepatnya di Dukuh Waringin. Di tempat tersebut terdapat petilasan Macan Muria untuk mengenang para gerilyawan.

Napak Tilas Pasgatama 2K17 dimulai pada hari sabtu tanggal 14 Januari 2016 pukul 01:30 PM. Para peserta melakukan Apel terlebih dahulu agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan. Setelah itu para peserta menaiki truk yang telah disediakan senior Pasgatama untuk mengangkut mereka ke SMP 3 Dawe yang sebagai tempat menginap para peserta Napak Tilas. Cuaca saat itu hujan sehingga setelah sampai SMP 3 Dawe, para peserta disuruh ganti pakaian ke kaos hitam dan celana training agar tidak masuk angin dan sesi dilanjutkan dengan sesi yel yel.

Napak Tilas Pasgatama 2K17

Setelah melakukan kegiatan Sholat Maghrib, para peserta dikumpulkan di ruang pertemuan untuk melakukan sesi makan. Disini para peserta tidak makan seperti biasa. Mereka harus mengikuti aturan yang berlaku seperti makan harus tegap, sendok menghampiri mulut bukan mulut menghampiri sendok, jika ada makanan terjatuh harus mengambil dan dimakan dan lain sebagainya. Setelah itu para peserta disuruh untuk sholat jum'at dan dilanjutkan untuk menceritakan para pahlawan yang diketahui mereka. Sesi selanjutnya yaitu Sarah Sechan, yaitu sesi yang diisi tentang ngobrol ngobrol bersama pelatih PPBN Pasgatama yaitu Mas/Kak Osin. Setelah acara itu, para peserta menuju acara puncaknya yaitu acara Pengukuhan mereka menjadi Bagian PPBN Pasgatama dengan penyematan Pin PPBN. Dan sekitar pukul 11 Malam, peserta diperkenankan untuk tidur.

Napak Tilas Pasgatama 2K17

Pukul 03:30, para peserta dibangunkan untuk persiapan sholat jum'at dan mereka harus berganti memakai olahraga karena setelah sholat shubuh dilanjutkan makan dan pemanasan sebelum Napak Tilas menyusuri jejak para gerilyawan di Gunung Muria. Sekitar Pukul 7, para peserta sudah mulai jalan ke petilasan macan muria dengan rute yang sudah ditentukan para senior Pasgatama. Para peserta jalan sesuai kelompok masing masing. Mereka berjalan melewati Hutan, Tebing, Perkebunan Warga dan Bagian yang paling menyenangkan yaitu menyusuri Sungai. Walau diguyur hujan saat malam hari, tidak ada insiden apapun saat Napak Tilas, hanya sebatas kepleset di Sungai. Setelah menempuh waktu 3 jam, mereka sampai di Petilasan Macan Muria, sesampainya disana mereka disuruh mandi dan dilanjutkan sesi penutupan. Sesi penutupan dibarengi dengan cerita asal usul Petilasan Macan Muria dan dilanjutkan dengan foto bersama Senior Pasgatama.


Semoga setelah melakukan Napak Tilas, para peserta dapat lebih menghargai para Pahlawan Bangsa, dan semoga setelah Pengukuhan menjadi Anggota PPBN mereka dapat lebih bertanggungjawab kepada Organisasi PPBN Pasgatama. Sekian untuk Artikel Napak Tilas Pasgatama 2K17.

Share this

Related Posts

Selanjutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »